Aplikasi Islami Bermanfaat Bagi Anak di Bulan Suci Ramadhan Tahun 2019 .



Aplikasi  Islami  Bermanfaat Bagi Anak di Bulan Suci Ramadhan Tahun 2019 .
Belajar diwaktu kecil bagaikan menulis diatas batu, demikian seperti kata pepatah sedangkan  disisi lain anak-anak penuh dengan dunia bermain serta serba ingin tahu. Akan terasa mudah tentunya jika melakukan pengajaran dan pendidikan Agama bagi sang anak tercinta  jika menggunakan berbagai media dalam melakukan pengenalan atau edukasi terhadap mereka, salah satu diantaranya adalah pemanfaatan Aplikasi dan Situs Islami yang ada di Internet. Berbagai aplikasi dapat digunakan pada  telepon genggam, tablet dan komputer. Baik aplikasi tersebut dapat di unduh secara geratis maupun berbayar serta penggunaan aplikasi dapat dioperasikan secara offline maupun online. Di era digital saat ini, proses kegiatan yang dilakukan oleh seorang anak tidak terbatas hanya dibangku sekolah saja, akan tetapi bisa dimana saja dan kapan saja sehingga keigatan tersebut bisa dilakukan setiap waktu dan bahkan ketika sedang melakukan hal lainnya seperti ssaat bermain, berada di dalam kendaraan pribadi atau umum dan sebagainya. Untuk itu secara tidak langsung para orang tua dipacu pula untuk selalu mempersiapkan diri dengan seoptimal mungkin pemutakhiran pengetahuan guna untuk dapat menjawab pertanyaan sang anak yang pada saat ini memiliki kecenderungan kritis terhadap apa yang ada dilingkungan sekitarnya.

Dibulan Ramadhan ini, baik para orang tua dan anak seoptimal mungkin dapat melaksanakan berbagai kegiatan ibadah puasa dan ibadah lainnya seperti para orang tua dapat melakukan pengenalan dan pendidikan Agama kepada anak dengan menggunakan berbagai aplikasi interaktif yang menarik dan mudah untuk dimengerti oleh sang anak serta memotifasi sang anak untuk lebih mencari tahu lebih lanjut tentang Agamanya. Sehingga penulis melihat pada bulan Ramadhan  ini adalah salah satu momen yang baik  untuk melakukannya yang sudah tentu juga dapat dilakukan secara rutin dibulan berikutnya. Selain daripada itu memiliki dampak positif menumbuhkan hubungan emosional yang baik antara orang tua dan anak atau para pendidikan dengan muridnya serta sesama anak-anak yang sedang belajar atau memainkan bahkan bagi para remaja bisa mendiskusikan hal-hal yang menarik dari aplikasi tersebut.

Banyak aplikasi  Islami di telepon genggam, tablet maupun komputer bermanfaat yang dapat diunduh selama di bulan suci ramadhan ini. Untuk mendapatkan berbagai informasi serta aplikasi apa saja yang cocok sesuai usia dan tingkat pendidikan anak anda yang dapat dilakukan dengan mencarinya melalui aplikasi browser yang biasa anda gunakan. Aplikasi tersebut bisa berupa bagaimana cara belajar membaca huruf dan arab yang disertai audio dan gambar tertentu hingga menarik minat anak untuk mempelajarinya, tebak gambar dari huruf arab, merangkai huruf arab, nama-nama benda dalam bahasa arab dan sebagainya. Pelajaran tata cara bersuci/whudu yang disertai gambar dan tata caranya secara detail. Pelajaran bagaimana melakukan praktek shalat yang diserta gambar dan suara dari bacaan shalat yang harus dilakukan. Kumpulan doa sehari – hari yang disertai gambar yang menarik, suaranya untuk memudahkan sang anak untuk menghapalnya. Dunia anak yang penuh dengan bermain, maka banyak aplikasi islami juga berisikan menawarkan lagu - lagu Islami  dan Shalawat beserta suara dan lirik bahkan gerakan tertentu yang dapat dilakukan agar mudah ditiru oleh sang anak. Juz Amma atau Surat Pendek yang berbentuk murotal yang disertai suara dan tulisan dari ayat surat pendek yang ada di dalam Al Quran.  Sang anak juga dapat membaca, mendengarkan bahkan menonton film Islami seperti kisah para nabi. Kisah para sahabat, para tokoh Islam, tempat-tempat Islam yang bersejarah, ceramah agama bagi anak dan remaja melalui telepon genggam maupun komputer yang bisa diputar bahkan dapat diunduh dari berbagi situs Islami di internet. Para orang tua dapat pula mengunduh berbagai aplikasi islami bagi sang anak seperti menggambar pada huruf  dan angka arab, kaligrafi, masjid dan sebagainya. Terlebih satu hal yang terpenting pada aplikasi tersebut terbebas dari konten negatif dan kekerasan yang sangat tidak baik bagi perkembangan dan pikiran seorang anak muslim.

Yuk kita manfaatkan waktu seoptimal mungkin dengan berbagai aktifitas dalam rangka melaksanakan ibadah puasa ramadhan tahun 2019 dengan penuh keberkahan dari NYA.


Share:

Total Visitors

Edwin Arief. Diberdayakan oleh Blogger.

POPULER DIBACA